Pemkot Bekasi Hibahkan Vaksin yang Hampir Expired di November 2021 ke Subang, Garut, Sukabumi, Majalengka dan Cianjur

oleh -123 views

BEKASI SELATAN, BEKASIPEDIA.com – Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, telah mendistribusikan vaksin yang hampir kedaluwarsa ke sejumlah daerah di Jawa Barat. Di antaranya, Garut, Subang, Sukabumi, Majalengka, dan Cianjur.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, mengatakan, pendistribusian vaksin covid-19 yang hampir kedaluwarsa berdasarkan perintah dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

“Sudah jalan (pemberian 185 ribu dosis vaksin covid-19), ke Subang, Majalengka, Cianjur, Garut, Sukabumi Kabupaten,” kata Wali Kota Bekasi, Rahmat di Bekasi, Jumat (15/10/2021).

Dia menjelaskan, saat ini stok vaksin yang dimiliki Pemkot Bekasi sebanyak 400 ribu dosis. Persediaan vaksin tersebut diupayakan dapat mempercepat target vaksinasi di Kota Bekasi.

Pada akhir Oktober, Rahmat Effendi menargetkan capaian vaksinasi di Kota Bekasi telah mencapai 90 persen. Saat ini capaian vaksinasi sudah hampir menyentuh 70 persen dari target wajib vaksin 2.015.000 jiwa.

“Capaian vaksinasi sekarang yang nakes kan hampir 70 persen, kita target sampai 31 Oktober. Kita ingin sekitar 90 sampai 92 persen untuk dosis satu ya,” ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, berencana menghibahkan 185 ribu dosis vaksin yang hampir kedaluwarsa ke daerah lain di Jawa Barat. Nantinya, ratusan ribu vaksin itu diserahkan melalui Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Pihaknya berencana melimpahkan vaksin covid-19 yang akan kedaluwarsa Oktober dan November mendatang. Jenis vaksin yang akan dilimpahkan yakni Sinovac, Pfizer, AstraZeneca maupun Moderna.

“Ada vaksin yang mau expired kita akan limpahkan melalui Pak Gubernur ke Kabupaten Kota yang butuh yang merasa kesulitan, misalnya yang sudah mau expired November atau Oktober kita mau limpahkan,” kata Rahmat di Bekasi, Senin, (11/10/2021). (ist/sin)