Pemkab Bekasi akan Gelontorkan Rp 18,2 Miliar untuk Rehab Puskesmas

oleh -59 views

CIKARANG PUSAT, BEKASIPEDIA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi akan merehab tujuh puskesmas di wilayahnya guna meningkatkan pelayanan dan penanganan Covid-19.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan, perbaikan infrastruktur menjadi salah satu fokus pekerjaan setelah kasus covid-19 melandai. “Sebetulnya infrastruktur jalan menjadi perhatian saat ini. Namun begitu, fasilitas kesehatan wajib diperbaharui. Yang rusak diperbaiki, direhab,” ujar Dani dikutip Tribun Bekasi, Rabu (29/9/2021).

Dani mengatakan, pihaknya mengucurkan dana sebesar Rp 18,2 miliar untuk membenahi dan membangun infrastruktur puskesmas.

Pembangunan yang dilakukan Pemkab Bekasi, yakni pembangunan sarana penunjang gedung Puskesmas Setu II, relokasi Puskesmas Setiamekar, pembangunan gedung rawat inap Puskesmas Lemahabang, dan peningkatan Puskesmas Waluya.

Kemudian, rehab total dan perbaikan Puskesmas Karangbahagia, penataan halaman Puskesmas Setu, dan rehab Puskesmas Pembantu Desa Sukabakti Tembelang.

Peningkatan fasilitas kesehatan diharapkan turut membantu sistem kesehatan daerah. Dengan demikian, penanganan pasien, baik Covid-19 maupun keluhan lainnya, dapat diobati di puskesmas.

“Tentunya jika semua fasilitas kesehatan dalam kondisi baik, warga pun tidak perlu jauh-jauh sampai ke rumah sakit,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Bekasi Iman Nugraha menyampaikan, saat ini proses lelang untuk tujuh proyek tersebut sudah rampung sehingga mulai masuk pada tahap pembangunan fisik.

“Lelang mulai banyak berjalan dari bulan Juni dan sejak bulan Agustus kemarin sudah terlihat pembangunan baik infrastruktur jalan, jembatan, pengelolaan sumber daya air dan bangunan, termasuk yang fasilitas kesehatan ini,” ujar iman. (ist/pede)