Pakar Hukum Pidana Universitas Bhayangkara Apresiasi Atas Kerjasama Kejaksaan dengan Dinas Pendidikan Soal Penyuluhan Hukum

oleh -266 views
Pakar Ilmu Hukum Pidana dari Universitas Bhayangkara, Dr. Dwi Seno, S.H, M.H, CPCLE, CPA. (ist)

BEKASI SELATAN, BEKASIPEDIA.com – Pakar Ilmu Hukum Pidana dari Universitas Bhayangkara, Dr. Dwi Seno, S.H, M.H, CPCLE, CPA, pada Jumat (8/10/2021), saat dimintai pendapat oleh BEKASIPEDIA.com perihal adanya Penyuluhan Hukum oleh Kejaksaan kepada Kepala SMA/SMK Negeri se-Kota Bekasi,  mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, sehingga kepala sekolah teredukasi juga soal hukum.

“Ya saya sangat mengapresiasi terhadap Kejaksaan dan Pendidikan Kota Bekasi atas kerjasamanya di dalam penyuluhan hukum dan pembinaan edukasi pembelajaran bagi masyarakat, jadi sebagai kepala sekolah lebih paham dan berhati- hati dalam mengambil kebijakan terlebih saat  menggunakan anggaran, karena Kepala Sekolah tidak berlatar belakang hukum,” ucap Dr.Dwi Seno, S.H, M.H, CPCLE, CPA.

Sementara itu Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Barat, Wilayah 3, Dr. Asep Sudarsono, S.Pd, M.Pd menjelaskan, bahwa pada Kamis, 7 Oktober 2021, di SMAN 1 Kota Bekasi, pihaknya bersama sejumlah kepala sekolah mendapatkan penyuluhan hukum.

“Kami mengundang Kejaksaan Negeri Kota Bekasi (Kajari), Laksmi Indriyah Rohmulyati, S.H, LL.M, untuk memberikan pengarahan tentang berbagai aturan mengenai hal – hal yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas  sebagai Kepala Sekolah,” jelasnya saat dikonfirmasi Jumat (8/10/2021).

Lebih lanjut diungkapkannya, sebagai manager di satuan pendidikan, Kepala Sekolah agar berhati – hati dalam melaksanakan tugas terutama berkaitan dengan penggunaan anggaran. “Apabila ada keragu – raguan atau tidak jelas, segera konsultasikan dan tanyakan dengan pihak kejaksaan,” jelasnya.

Untukn diketahui bahwa Kajari Kota Bekasi, membuka komunikasi untuk semua kalangan pendidikan di Kota Bekasi, Jawa Barat.

“Pada pertemuan ini dihadiri oleh Kajari Kota Bekasi,  Kasie Intel , Kasubag Kajari kota Bekasi, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Barat Wilayah III, dan seluruh Kepala SMAN/SMKN Kota Bekasi,” jelas Dr. Asep Sudarsono, S.Pd, M.Pd.

Sementara itu selaku Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Bekasi, Hj. Dr. Ekowati, S.Pd, M.Pd, mengaku bangga bisa menyelenggarakan rapat kerja yang dihadiri oleh ibu Kajari, dan juga Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Barat Wilayah III.

“Alhamdullilah acara berjalan dengan lancar dan sukses, kebahagiaan tersendiri, bisa bertemu ibu Kajari, selain hadir untuk menjadi nara sumber, beliau juga memberikan inspirasi dan motivasi khususnya para wanita agar kita bisa maju, sesuai cita – cita Kartini”, jelas Hj. Dr. Ekowati, S.Pd, M.Pd.

Dengan adanya kegiatan tersebut, semoga semua kepala sekolah lebih paham terhadap hukum dan semoga juga dengan adanya materi yang berkaitan dengan pembelajaran, Kepala Sekolah bisa meningkatkan kopetensinya.

“Dan ilmu yang kemarin Kepsek dapatkan bisa diterapkan di sekolah masing masing,” tambah beliau saat dikonfirmasi melalui WhatsApp-nya. (mira/obin/pede)