Meski Dekat Pantai, Warga di Selatan Tasikmalaya Mulai Kesulitan Air Bersih

oleh -56 views

TASIKMALAYA, BEKASIPEDIA.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya mencatat warga di wilayah selatan daerah itu mulai kekurangan air bersih. Meski berada di dekat pantai, warga kesulitan untuk mendapat air bersih.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Nuraedidin mengatakan, pihaknya sudah mulai mendistribusikan air bersih ke sejumlah wilayah di selatan Tasikmalaya. Wilayah yang dibantu pasokan air bersih adalah Desa Sindangkerta, Desa Cikawungading, dan Desa Ciandum. “Ketiganya di wilayah Kecamatan Cipatujah,” katanya pada Sabtu (12/6/2021).

Menurut dia, berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika(BMKG), saat ini wilayah Kabupaten Tasikmalaya sudah mulai memasuki musim kemarau. Di beberapa titik wilayah selatan Tasikmalaya juga sudah mulai kesulitan air bersih.

Nuraedidin mengatakan, BPBD akan terus melakukan pemantauan di wilayah yang memiliki potensi terjadi kekeringan. Jika dibutuhkan, BPBD akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mendistribusikan air bersih.

Menurut dia, selain di Kecamatan Cipatujah, wilayah yang berpotensi terjadi kekeringan di Kabupaten Tasikmalaya adalah Karangjaya, Mangunreja, dan Sukaraja. Ia mengimbau masyarakat untuk menghemat penggunaan air bersih.

“Jangan sembarangan menghamburkan air,” katanya. (jek)