Merasa Kasihan, Korban Pencurian Berikan Sejumlah Uangnya kepada Pelaku yang Seorang Pengemis

oleh -90 views

MUSTIKAJAYA, BEKASIPEDIA.com – Polisi telah mengamankan dan mempertemukan pencuri sekantong uang dengan pemilik toko beras di Kecamatan Mustikajaya, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Pencuri merupakan seorang ibu yang melancarkan aksinya sambil menggendong anak. Aksi yang dilakukannya tersebut terekam kamera pengawas atau CCTV.

Pemilik toko beras selaku korban telah menerima permintaan maaf pelaku dan sepakat berdamai.

Panit Reskrim Polsek Bantargebang Ipda Ahmad Harianto mengatakan, pihaknya telah mengamankan pelaku, tidak lama setelah melancarkan aksinya.

“Polsek Pondok Bantargebang mengamankan pelaku usai pemilik toko memergoki pelaku ketika sedang berada di Pasar Bantargebang,” ujar Ahmad seperti dilansir Selasa (16/11/2021).

Ahmad mengatakan, korban dan pelaku melakukan mediasi terkait pencurian tersebut. Adapun mediasi yang dilakukan di Polsek Bantargebang tersebut berakhir dengan damai setelah pelaku mengakui kesalahanya dan meminta maaf.

“Ibu itu setiap hari berprofesi sebagai pengemis, karena dari sisi kemanusiaan pemilik toko memaafkan. Intinya ibu itu jangan sampai mengulanginya lagi, dan uang yang diambil sudah dikembalikan ke pemilik toko,” ujarnya.

Selain bersepakat untuk tidak melanjutkan ke ranah hukum, pemilik toko tersebut juga memberikan uang kepada pelaku karena iba dengan kondisinya.

“Betul (dikasih uang). Jadi karena lihat bawa anak kecil, pemilik toko itu memberikan uang. Intinya mungkin buat anaknya, karena kasihan,” ujar Ahmad.

Sebelumnya sebuah rekaman kamera CCTV memperlihatkan seorang ibu sedang menggendong balita melancarkan aksi pencurian uang di toko beras daerah Mustikajaya, Kota Bekasi, Kamis (11/11/2021) siang.

Rekaman yang diunggah akun Instagram @peristiwa_seputar_kita memperlihatkan detik-detik pencuri masuk ke toko beras saat penjaganya sedang terlelap.

Wanita berkaos biru muda itu tanpa rasa takut melangkahi penjaga toko yang sedang tidur di atas lantai. Ia langsung melihat-lihat sekeliling toko mengincar sesuatu yang bisa diambil.

Setelah itu, dia kembali melihat-lihat sekeliling guna memastikan aksinya tidak diketahui warga. Setelah mendapatkan uang dalam kantong plastik, pelaku langsung meninggalkan lokasi. (eko/ist)