Maskot Bekasi, Bang Bek Dan Mpok Asih Raih Rekor MURI

oleh -172 views
Anton Nugroho pencipta maskot Bang Bek dan Mpok Asih (Foto Tribun)

BEKASI SELATAN, bekasipedia.com – Maskot Bang Bek dan Mpok Asih turut memeriahkan acara HUT kota Bekasi yang ke-22. bukan itu saja tetapi maskot ini juga berhasil meraih MURI.

Rekor ini utuk kategori boneka Maskot terbesar yang pernah ada di Indonesia. Dan Berhasil menggeser dari pencapaian rekor sebelumnya sebelumnya rekor itu 7 meter dan hari ini dipecahkan oleh Kota Bekasi dengan tinggi 9 meter.

Pemecahan rekor MURI itu dilakukan pada saat perayaan Hut Kota Bekasi ke-22 (10/3) di Kawasan Fresh Market, Grand Galaxy City, Jakasetia, Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

“Hari ini Kota Bekasi memecahkan rekor MURI dengan tinggi 9 meter. Kami berharap maskot Kota Bekasi Bang Bek dan Mpok Asih bisa lebih dikenal sebagai maskot khas Kota Bekasi. Termasuk kegiatan festival budaya ini bisa terus dilakukan sebagai upaya mempertahankan budaya lokal setempat,” kata Manager Rekor Muri, Triyono.

Tidak hanya meraih rekor Indonesia tetap berhasil meraih piagam penghargaan Musem Rekor Dunia-Indonesia dengan tinggi 9 meter dan lebar 6 meter.

Penghargaan ini diberikan Triyono, MURI kepada Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi Zarkasih.
Zarkasih mengungkapkan rasa bersyukurnya karena maskot Kota Bekasi berhasil memecahkan rekor Muri.
Pemecahan rekor Muri maskot Kota Bekasi sebagai maskot terbesar maupun acara festival budaya ini dilakukan tanpa menggunakan APBD Kota Bekasi.

Semua ini dikerjakan atas inisiatif dan support teman-teman dari Event Organizer Madani Communication.
Ketua panitia Festival Budaya Bekasi atau dari Event Organizer Madani Communication, Setiawan Coco mengatakan dukungan ini sebagai bentuk keterlibatan anak-anak muda dalam setiap kegiatan Pemkot Bekasi.

“Kita bersyukur dan berterimakasih diberi kepercayaan ini untuk menyelenggarakan acara Hut Kota Bekasi. Acara ini tanpa dana APBD, dana acara ini murni dari partisipasi dan swadaya masyarakat Kota Bekasi. Termasuk pembuatan Maskot Bang Bek dan Mpol Asih yang berhasil meraih rekor Muri,” imbuhnya.

Diketahui sebelumnya Maskot Bang Bek dan Mpok Asih merupakan hasil dari perlombaan atau sayembara Pemkot Kota Bekasi mencari Maskot yang sesuai dan menggambarkan indentitas Kota Bekasi. Maskot Bang Bek dan Mpo Asih merupakan hasil karya Anton Nugroho.

Bang Bek merupakan sebutan untuk boneka pria dengan gaya jagoan asal Bekasi dengan kostum pangsi hitam dan sandal. Tentunya dengan kumis baplang melambangkan jawara bekasi.

Sedangkan, untuk boneka perempuan khas Kota Bekasi diberi nama Mpok Asih. Boneka tersebut menggunakan kostum encim untuk melambangkan wanita asal Kota Bekasi. (*)