Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota: PPKM Dilonggarkan, Tindakan Kriminal Meningkat

oleh -75 views
Ilustrasi.

BEKASI TIMUR, BEKASIPEDIA.com – Angka kriminalitas di Kota Bekasi meningkat seiring pelonggaran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pada 24 Agustus 2021 lalu.

“Pasca-PPKM (dilonggarkan), terjadi peningkatan tindak kriminalitas. Kalau kuantitinya saya tidak terlalu dengar data ya, tapi setelah PPKM ini untuk tindak pidana untuk kasus kejahatan jalanan meningkat,” ujar Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota AKBP Heri Purnomo seperti dilansir dari kompas.com pada Rabu (29/9/2021).

Heri mengatakan, pelaku tindak pidana di wilayahnya yang terjadi beberapa hari belakangan ini didominasi dari kelompok masyarakat usia produktif.

“Kalau pelaku relatif yang jelas yang kita temukan saat ini mulai usia 15 sampai sekitar 30an tahun,” ujarnya.

Dari beberapa kasus yang ditemukan, kata Heri, terdapat beberapa pelaku yang sudah lama melakukan tindak kriminal dan pemain baru.

Dari beberapa kasus yang ditemukan, kata Heri, terdapat beberapa pelaku yang sudah lama melakukan tindak kriminal dan pemain baru.

“Ada pelaku lama Ada juga pelaku yang baru belajar nakal juga,” ujar dia.

Sementara itu, Kapolres Bekasi Kota Aloysius Supriyadi mengatakan, jika dibandingkan dengan catatan tindak kriminalitas pada 2020 lalu, catatan 2021 justru mengalami penurunan kasus secara signifikan. “Turunnya cukup tinggi daripada 2020, signifikan, yaitu 50 persen,” ujar Aloy.

Meski begitu, Aloy mengatakan bahwa pihaknya tetap melaksanakan patroli guna mencegah terjadinya tindak kriminal.

“Pencegahan jelas seperti Babinkantibmas kalau lagi patroli berkeliling, termasuk orang yang berkerumun, lewat jam 12 itu kita tutup segel lah, kami dipesen juga tuh. Beberapa masih bandel ya kita tegur juga,” ujarnya. (ist/pede)