Humas Pemkot Bekasi Hanya Masuk 6 Besar dalam Dua Kategori AMH 2021

oleh -78 views

BEKASI SELATAN, BEKASIPEDIA.com – Pemerintah Kota Bekasi hanya bisa masuk 6 besar pemerintah daerah kabupaten/kota se-Indonesia Kategori Penilaian Website dan Komunikasi Publik (SAKER Humas) dalam ajang Anugerah Media Humas (AMH) 2021.

AMH 2021 diselenggarakan oleh Badan Kordinasi Hubungan Masyarakat dan Kemkominfo RI dengan melombakan empat kategori penilaian yakni pengelolaan Siaran Pers (Media Online), Media Sosial, Website, dan Komunikasi Publik.

Kepala Bagian Humas Setda Kota Bekasi Sajekti Rubiyah hadir di acara Malam Penganugerahan AMH 2021 di Bali, Kamis (4/11/2021) lalu.

Ia mengatakan, capaian luar biasa dapat masuk enam besar se-Indonesia dalam dua kategori merupakan kerja keras Tim Humas dan perangkat daerah Kota Bekasi.

Meski hanya masuk dalam enam besar, hal tersebut juga patut disyukuri dan menjadi evaluasi Bagian Humas agar lebih baik di masa mendatang. Demikian yang dilayangkan dalam rilis pada Sabtu (6/11/2021).

Adapun Peringkat Pertama Kategori Website Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota diraih Pemkot Malang, Peringkat Kedua diraih Pemkot Surabaya, dan Peringkat Ketiga diraih Pemkab Gunungkidul. Dua nominator lainnya Pemkot Tangerang dan Pemkot Singkawang.

Sementara untuk Kategori Komunikasi Publik, Kota Bekasi masuk enam besar Pemerintah Daerah bersama Pemkab Sumbawa Barat, Pemkab Barru, Pemkab Ogan Komering Ilir, Pemkot Tanggerang, dan Pemkot Surabaya.

Tim juri menilai secara objektif karya humas sesuai dengan kriteria penilaian lomba yang telah ditentukan oleh Panitia AMH.

Tim juri terdiri dari praktisi sosial, jurnalis, praktisi website, dan praktisi komunikasi dan humas.

Penilaian indikator Kategori Komunikasi Publik menitikberatkan pada dua aspek yaitu strategi komunikasi program dan dampak terukur dari pelaksanaan program.

Hal lain yang menjadi unsur penilaian yakni inovasi program, originalitas program, pengemasan laporan, efektivitas keberhasilan program, dan pemetaan isu dan pemangku kepentingan.

Pemerintah Kota Bekasi melalui Bagian Humas Sekretariat Daerah meluncurkan Sistem Aplikasi E-Kliping dan E-Rilis (SAKER HUMAS) yang bisa diakses melalui website sakerhumas.bekasikota.go.id.

Saker Humas merupakan aplikasi yang menghimpun pemberitaan seputar Kota Bekasi baik dari media online maupun media cetak secara digital/online.

Juga mengumpulkan release atau klarifikasi berita yang dibuat secara resmi oleh Humas Pemerintah Kota Bekasi di website guna dapat diakses secara langsung oleh masyarakat khususnya warga Kota Bekasi. (rls/pede)