DPRD Kabupaten Pandeglang Studi Banding Program Percepatan Vaksinasi di Kota Bekasi

oleh -74 views

BEKASI SELATAN, BEKASIPEDIA.com – Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Pandeglang mengunjungi Kantor Dinas Kesehatan Kota Bekasi dalam rangka kunjungan kerja terkait program percepatan vaksinasi.

Pemimpin rombongan sekaligus Ketua Komisi IV, M. Habibi Arafat mengatakan tujuannya datang untuk bersilaturahmi sekaligus tertarik dengan program percepatan Vaksin di Bekasi.

“Kedatangan kami dari Kabupaten Pandeglang karena menganggap Kota Bekasi memiliki program percepatan vaksinasi sangat baik, ada beberapa hal yang secara teknis harus kita tiru terutama mengenai pendekatan dengan masyarakat untuk mengikuti vaksinasi,” ujarnya seperti rilis yang dilayangkan Sabtu (20/11/2021).

Menurutnya, luas dari daerah Pandeglang memiliki kesulitan dalam mengajak masyarakat sekaligus mengkoordinasi terkait vaksinasi dan penanganan COVID-19.

“Meskipun kasus Positif kami cukup jarang namun penduduk kami (Pandeglang) banyak yang takut akan vaksinasi, belum lagi ditambah persoalan berita Hoax,” ujarnya.

Pihaknya mengklaim bahwa tersebarnya berita hoax tentang vaksinasi membuat masyarakat takut untuk ikut divaksin. Oleh sebab, itu mereka ingin mendengar tentang cara pola pendekatan masyarakat berani mengikuti program vaksin.

Selanjutnya, bergantian memberikan sambutan Kepala Dinas Kesehatan, Tanti Rohilawati bersama Sekdis, Nia dan jajarannya menerima kedatangan rombongan di Gate 19 Kantor Dinas Kesehatan Kota Bekasi.

“Terima kasih karena telah memilih Kota Bekasi sebagai Kota rujukan studi banding, meskipun begitu sesuai dengan tujuan, Dinkes tidak hanya sebagai leading sector namun semua elemen bahu-membahu menangani Percepatan Vaksinasi,” katanya.

Tanti menjelaskan bahwa percepatan vaksinasi sudah melalui 3 pilar Forkopimda tingkat Kecamatan dan Kelurahan sesuai dengan arahan dari Kepala Daerah selaku Ketua Satgas Covid-19 Kota Bekasi dan setiap hari mendapatkan laporan perkembangan Vaksin dan Tracing dari setiap wilayah.

Pada Acara yang sama, Nia selalu Sekretaris Dinas Kesehatan menambahkan bahwa jauh sebelum ditetapkannya pandemi Covid-19 sudah ditetapkan Maklumat dari Kepala Daerah untuk bersama-sama membuat komitmen untuk mengajak masyakarat menangani Covid -19 sehingga masyarakat mau ikut.

“Kegiatan percepatan vaksinasi di wilayah dilakukan bersama Babinsa, Polres diantaranya dibentuk RW Siaga COVID-19 , PPKM Mikro, serta penerapan petugas Pamor (Pemantau dan Monitoring) disetiap RW yang bertugas memberikan laporan warga yang positif dan pendataan vaksin,” jelasnya.

Beberapa proses vaksinasi massal yang sudah dilakukan Pemkot Bekasi diantaranya Serbuan Vaksin di Stadion Patriot, Sentra vaksin di sekolah-sekolah, vaksinasi keliling, hingga vaksinasi door to door.

Acara dilanjutkan dengan dialog interaktif, foto bersama dan pemberian cinderamata antara Pemerintah Kota Bekasi dengan DPRD Kab. Pandeglang. (rls/pd)