Dinas Damkar Kota Bekasi: Wilayah Pondok Gede yang Sulit Terjangkau Kala Ada Kebakaran

oleh -109 views
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bekasi, Aceng Solahudin. (ist)

BEKASI SELATAN, BEKASIPEDIA.com – Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bekasi, Aceng Solahudin mengaku, wilayah Kecamatan Pondok Gede merupakan yang tersulit dijangkau saat proses pemadaman saat terjadi kebakaran.

Kawasan Pondok Gede, lanjut dia, merupakan kawasan pemukiman padat penduduk. Akses jalan di wilayah tersebut juga kerap mengalami kemacetan hingga menyulitkan laju mobil pemadam.

“Saat ini wilayah Pondok Gede yang paling sulit dijangkau karena kalau masuk di gang-gangnya itu wilayah Pondok Gede pada umumnya sulit mobil gede masuk,” kata Aceng seperti dilansir Sabtu (13/11/2021).

Ia mencontohkan, pada saat kebakaran sekolah Yadika pada November 2019 lalu, lokasi kebakaran berada di tengah-tengah pemukiman padat sehingga armada mobil damkar terpaksa menerapkan sistem sambung selang.

“Kita kan harus tutup beberapa ruas jalan karena kalau enggak begitu mobil gak bisa lewat, harus ada yang dikorbankan. Kita juga menggunakan armada kecil di depan lalu suplai mobil besar,” jelas dia.

Lebih lanjut ungkapnya, faktor lain yang membuat Pondok Gede sulit dijangkau yakni, belum adanya markas sektor di wilayah setempat.

“Belum ada sektor di Pondok Gede, paling dekat sektor Jatisampurna, membutuhkan sekitar 30 menit karena kemacetan luar biasa,” jelasnya lagi.

Namun, sambungnya, langkah-langkah antisipasi yang dilakukan saat ini ialah, menempatkan petugas Damkar di wilayah Pondok Gede.

Tujuan, masih kata Aceng, petugas yang siaga di wilayah tersebut akan lebih cepat merespon dan melaporkan jika terjadi kebakaran di wilayah titik tersulit.

Selain itu, permintaan bantuan lintas wilayah juga menjadi solusi sementara penanganan kebakaran di wilayah Pondok Gede.

Kecamatan Pondok Gede merupakan wilayah yang beririsan dengan DKI Jakarta, terdapat Markas Damkar Sektor Duren Sawit milik Pemprov DKI Jakarta yang jaraknya cukup dekat.

“Saat ini memang kita kerap minta bantuan Damkar DKI Jakarta untuk tugas pemadaman di wilayah Pondok Gede atau perbatasannya,” ucap Aceng.

“Karena mereka ada Markas Sektor Damkar Duren Sawit dekat perbatasan dengan Bekasi, lalu ada juga di Taman Mini itu pasukan Jakarta yang dekat dengan Bekasi,” terang dia.

Permintaan bantuan ini merupakan hal yang biasa di dunia pemadaman, hal yang sama juga berlaku Markas Sektor Jatisampurna milik Bekasi yang dapat diperbantukan ke wilayah perbatasan.

“Sama kita juga melakukan bantuan pada saat Jakarta mengalami wilayahnya kebakaran seperti Pondok Rangon itu lebih dekat dengan pos sektor kami,” tegasnya. (kcm/jek)