Diguyur Hujan Deras Seharian, BPBD Kota Bekasi: Lima Titik di Kota Bekasi Banjir dan Tergenang

oleh -78 views
Banjir di Perumahan Puri Gading, Jati Melati, Kota Bekasi, Jawa Barat, mulai surut. Genangan hanya ditemukan di beberapa titik di jalan perumahan tersebut. (ist)

BEKASI SELATAN, BEKASIPEDIA.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bekasi menyebutkan terjadi genangan hingga banjir di beberapa titik akibat hujan lebat yang terjadi sejak Sabtu (30/20/2021) pukul 07.30 WIB – 17.00 WIB. Saat ini, banjir maupun genangan banjir terpantau di lima titik.

”Data yang masuk hingga kini ada lima titik banjir yang tersebar di wilayah Selatan, Timur dan Utara Bekasi, akibat intensitas hujan tinggi dan meluapnya Kali Bekasi,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Kota Bekasi, Enung Nurcholis, Minggu (31/20/2021).

Menurut dia, titik banjir itu berada di Perumahan Pondok Gede Permai, Pondok Mitra Lestari, Gang Mawar Kartini, Gang Kalimaya RT 001/005 dan Perumahan Jaka Kencana.

”Penyebabnya luapan Kali Bekasi, dan dalam penanganan petugas di lapangan,” ucapnya.

Berikut rincian lokasi titik banjir dan genangan air di Kota Bekasi, Perumahan Pondok Gede Permai (terjadi rembesan dari tanggul Kali Bekasi dengan genangan mencapai 10 – 15 cm), Perumahan Pondok Mitra Lestari (terdapat genangan dengan tinggi muka air atau TMA 50-700 cm), dan Gang Mawar Kartini (Terjadi banjir dengan ketinggian air 30 – 150 Cm).

Terakhir di Gang Kalimaya RT 001/005, terjadi banjir dan genangan setinggi 30 – 150 cm. Dilaporkan sudah ada pengungsi dengan jumlah 5 orang dewasa, 1 anak anak, 2 lansia dan butuh bantuan mendesak berupa selimut dan makanan siap saji.

Sampai berita ini diturunkan BPBD Kota Bekasi mengklaim akan ada penambahan titik banjir dan genangan.

Sebab, petugas maupun relawan tengah melakukan pengecekan di permukiman warga yang berada di Bantaran Kali Bekasi. Untuk pantauan di pertemuan Kali Cikeas dan Kali Cileungsi ke Kali Bekasi dengan tinggi muka air (TMA) 655. (rus)