Soal Iklan 25 Caleg Nasdem, Ini Alasan Pihak Media...

Soal Iklan 25 Caleg Nasdem, Ini Alasan Pihak Media...

Bawaslu Kota Bekasi.


BEKASI SELATAN, bekasipedia.com – Salah satu pemilik media, Zulkarnain Alregar, menolak memberikan keterangan kepada awak media, usai diperiksa Bawaslu Kota Bekasi selama hampir 2 jam, dalam kapasitasnya sebagai pemilik media yang menayangkan iklan 25 Caleg Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kota Bekasi.

Melalui Komisioner Bawaslu Kota Bekasi, Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Ali Mahyail, awak media mendapatkan sejumlah keterangan yang diberikan Zulkarnain saat menjalani pemeriksaan terkait dugaan kasus pidana pemilu tersebut.

Ali mengatakan, Zulkarnain sebelumnya telah menyampaikan rencana penayangan iklan kepada para Caleg itu di whatsapp grup.

“Dia mengaku sudah menshare ke grup. Dan ada satu orang yang bilang sepakat,” kata Ali kepada awak media, di Kantornya.

Selain itu, Zulkaenain juga disebut telah menyampaikan hal yang sama kepada Ketua DPD Nasdem Kota Bekasi, Asep Saputra. Namun, Asep tidak memberikan respon apapun.

“Dia (Zulkarnain) bilang Ketua tidak memberi respon apapun. Artinya tidak melarang tapi juga tidak memberi izin, karena tidak direspon. Dengan begitu Pak Zulkarnain merasa mendapat angin bahwa dia boleh menayangkan itu,” terang Ali seperti dilansir Jumat (30/11/2018).

Lebih lanjut, Ali menilai gambar 25 Caleg yang terbit pada 13 November 2018 itu sudah memenuhi kriteria iklan kampanye.

“Kalau kita bicara Undang-undang kampanye pasal 1 ayat 35, itukan terpenuhinya unsur visi, misi, program dan citra diri. Dan menurut undang-undang ini, (gambar 25 Caleg Nasdem) sudah memenuhi unsur,” tukasnya.

Sebelumnya, 25 Caleg Nasdem yang terpampang di media massa tersebut telah diperiksa oleh tim Sentra Gakkumdu Kota Bekasi.

Setelah ini, akan dilakukan pengkajian untuk diputuskan hasilnya, dalam waktu 2×7 hari. (ilul)

Bagikan Sekarang

Komentar Anda

Artikel Terkait