Pemkot Bekasi Kaji Terapan Bus Khusus Anak Sekolah Gratis

Pemkot Bekasi Kaji Terapan Bus Khusus Anak Sekolah Gratis

Bus Sekolah Gratis. (ist)


BEKASI SELATAN, bekasipedia.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi akan melakukan kajian operasional satu bus sekolah dalam waktu dekat ini. Kota Bekasi menjadi salah satu wilayah yang mendapatkan bantuan bus sekolah dari Kementerian Perhubungan kepada daerah di Provinsi Jawa Barat.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Deded Kusmuyadi mengatakan, dalam pengoperasian bus itu pihaknya masih melakukan pembahasan dengan instansi terkait yakni Dinas Pendidikan."Kita belum tahu kapan dioperasikan, masih dikaji dan dibahas rutenya," kata Deded pada Senin (7/1/2019).

Menurut Deded, bus sekolah itu sudah dipastikan dioperasikan pada tahun ini dan saat ini terparkir di Stadion Patriot Chandrabaga. Adapun bus tersebut berjenis 3/4 berkapasitas tampung penumpang 21 orang yang diproduksi oleh karoseri New Armada. "Sangat layak untuk angkutan sekolah," ujarnya.

Deded menjelaskan, pembahasan perlu dilakukan sebab bus sekolah itu hanya satu unit saja dan tidak mungkin bisa mengjangkau 12 kecamatan dan 56 kelurahan. Untuk itu perlu adanya pematangan rute yang nantinya akan ditempuh."Bisa saja bus ini hanya melayani wilayah Bekasi Selatan dan Timur," ungkapnya.

Meski demikian, operasional yang memungkinkan untuk dilakukan adalah mengopersikan bus itu secara berkeliling dengan jangkauan sejumlah sekolah yang saling berdekatan. Namun, pemerintah daerah akan mengajukan kembali bantuan bus sekolah lainya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana menambahkan, bus sekolah tersebut rencananya akan dioperasionalkan melalui subsidi dari pemerintah daerah, sehingga penumpang dari kalangan pelajar bisa naik secara gratis. "Akan digratiskan dengan subsidi dari pemerintah daerah," katanya.

Saat ini, pemerintah belum bisa memutuskan kapan waktu yang tepat untuk mengopersionalkan bus tersebut. "Saat ini kami masih fokus pada upaya penambahan operasional bus umum Transpatriot sebanyak 20 unit. Setelah ini selesai, baru kami bahas tentang bus sekolah," ujarnya.

Untuk diketahui, Pemkot Bekasi mendapatkan hibah 21 bus dari Kementerian Perhubungan, 20 di antaranya untuk Transpatriot dan satu lainnya untuk operasional bus sekolah. Sebanyak 67 bus dihibahkan Kemenhub kepada kota dan kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Barat.

Kota dan kabupaten yang menerima bus tersebut selain Kota Bekasi adalah, Tasikmalaya, Banjar, Pangandaran, Kuningan, Garut, Ciamis, Tasikmalaya, Cianjur, dan Indramayu. Namun, Kota Bekasi akan meminta kembali bus hibah dari pemerintah pusat khusus bus sekolah. (rus)

Bagikan Sekarang

Komentar Anda

Artikel Terkait