Pemkab Bekasi: Targetkan Dua Hari Bersihkan Sampah di Kali Pisang Batu

Pemkab Bekasi: Targetkan Dua Hari Bersihkan Sampah di Kali Pisang Batu

Kali Pisang Batu, Desa Pahlawan Setia, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, dipenuhi sambpah. (ist)


TARUMAJAYA, bekasipedia.com - Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Suprianto mengatakan, proses pengangkutan sampah di Kali Pisang Batu, Desa Pahlawan Setia, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi ditargetkan rampung selama dua hari.

Dodi menjelaskan, pengangkutan sampah sudah dilakukan sejak kemarin, Sabtu (5/1/2019). Adapun jumlah sampah di Kali Pisang Batu diperkirakan mencapai 200 truk dengan kapasitas satu truk mampu menampung tujuh kubik sampah.

"Hari ini harus kelar (selesai) karena Senin mobil-mobil saya udah pada ngangkut di wilayah, nanti pada komplain perumahan kalau gak di angkut," kata Dodi seperti dilansir Senin (7/1/2019).

Ketika ditanya jika hari ini pengangkutan sampah belum dapat dirampungkan, Dodi menegaskan pihaknya terus mengupayakan semaksimal mungkin.

Sebab, pihaknya juga keterbatasan alat berat dan truk sampah yang harus mengangkut sampah di wilayah lain di Kabupaten Bekasi.

"Usahain aja, kan ada alat berat dua, jadi hari ini supaya tuntas karena kalau mulai Senin sudah konsterasi pelayanan mobil saya kan ada di masing-masing wilayah, kalau di kali terus nanti terbengkalai yang lainnya, nanti wartawan dan LSM teriak lagi, kita lagi yang di-bully dan dihajar sono sini," tegas dia.

Selama proses pengangkutan sampah, pihaknya menerjunkan sebanyak 15 truk serta dua alat berat.

Dodi mengatakan, indikasi awal, sampah-sampah itu sebagian diperkirakan merupakan sampah kiriman dari wilayah Kota Bekasi.

"Itu kan sebagian limpahan dari Kota Bekasi karena di kota sedang ada normalisasi kali jadi kedorong ke kali kita semua," jelas dia.

Dodi menambahkan, bicara sampah sejatinya harus melibatkan semua unsur mulai dari yang terendah di tingkat RT/RW, Desa, dan Camata.

"Bicara sampah kan tidak hanya dinas LH. tapi juga menjadi tanggung jawab semua lapisan masyarakat, baik aparat RT/RW Desa, Camat, Satpol PP nya. Jadi gak melulu semua ditumpekin ke Kebersihan (dinas), kalau semua ke kita ya kalau bahasa Bekasinya gempor (lumpuh/tumbang) kita, jadi harus semua masyarakat mikut juga sosialisasi bantu aparatnya," tambah dia.

Sebelumnya diberitakan, Kali di Kampung Pisang Batu, Desa Pahlawan Setia, Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi nampak kumuh dipenuhi sampah sepanjang kurang lebih 500 meter.

Pantauan TribunJakarta.com, sepanjang mata memadang hanya ada tumpukan sampah yang terlihat di atas permukaan kali. Tidak nampak air yang telihat. Sampah rumah tangga seperti plastik, kayu, hingga kasur terlihat di kali kumuh tersebut.

Sampah-sampah yang saat ini menumpuk merupakan sampah yang mulai muncul sekitar dua pekan lalu. Awalnya, kali dipenuhi tanaman eceng gondok, lalu sempat dikeruk dan tidak lama air mengalir dan membawa sampah yang jumlahnya sangat banyak. (har/ist)

Bagikan Sekarang

Komentar Anda

Artikel Terkait