Kenali Tiga Makanan Khas Bekasi yang Enak di Lidah

Kenali Tiga Makanan Khas Bekasi yang Enak di Lidah

Kue Dongkal.


BEKASI SELATAN, bekasipedia.com - Bekasi dikenal dengan kota yang memiliki banyak julukan, dari kota Satelit, kota Pejuang hingga komedi satir yang menyebut Bekasi, kota yang jauh dari peradaban. Kalau itu, mungkin Anda sudah mengetahuinya. Tapi apakah Anda sudah tahu kuliner khas Bekasi yang enak di lidah?

Berada di wilayah Jawa Barat, bukan berarti makanan khas Bekasi dipengaruhi dengan makanan Sunda. Memang makanan khas Bekasi itu justru sangat mirip dengan makanan khas Betawi loh.

Mungkin karena Bekasi yang notabene adalah kota urban, terkena imbas budaya Betawi yang begitu mudah masuk dan mempengaruhi nilai-nilai sosial, termasuk makanannya. Sehingga makanan khas Bekasi mirip dengan makanan khas Betawi.

Kue Dongkal

Bahannya terbuat dari tepung beras yang digiling kasar, kelapa parut, gula merah, gula pasir, dan daun pandan. Cara membuatnya campurkan tepung beras, kelapa parut, dan gula pasir. Masukkan ke dalam cetakan. Tambahkan gula merah yang sudah dicincang kasar. Beri daun pandan di atasnya. Kukus selama 20 menit.

Gabus Pucung

Ikan Gabus termasuk jenis ikan yang banyak dibudidayakan di Bekasi. Bahkan ada kampung di daerah Tambun Utara yang namanya Kampung Gabus. Konon katanya dulu di sana banyak kolam ikan gabus yang terbentuk secara alami.

Makanan olahan ikan Gabus yang paling enak dan rasanya unik adalah sayur Gabus Pucung. Ikan Gabus yang sudah digoreng dimasak dengan kuah hitam yang rasanya sedikit pedas. Mungkin kalau di Jawa makanan ini mirip dengan Rawon. Kuliner ini sempat jadi langka. Tapi untungnya Pemerintah Kabupaten Bekasi sudah mengeluarkan mandat kepada seluruh hotel yang ada di Bekasi untuk menjadikan Sayur Gabus Pucung sebagai salah satu menu utamanya.

Kue Akar Kelapa

Kue yang cukup legendaris ini sebetulnya bukan terbuat dari bahan yang sesuai dengan namanya. Kue ini justru terbuat dari olahan tepung, kelapa parut, dan tepung ketan yang dibentuk seperti akar kelapa. Nama lain dari kue ini adalah kue procot, diambil dari salah satu proses pembuatannya. (rus)

Bagikan Sekarang

Komentar Anda

Artikel Terkait