Ini Cara Tokcer Agar Tak Panik Saat Memutuskan Naik Pesawat

Ini Cara Tokcer Agar Tak Panik Saat Memutuskan Naik Pesawat

BEKASI SELATAN, bekasipedia.com - Tidak sedikit orang yang merasa takut ketika harus bepergian dengan pesawat terbang. Salah satunya penumpang yang baru pertama kali naik moda transportasi terbang ini.

Tidak bisa disalahkan juga ketika ada penumpang pesawat yang ketakutan saat take off, landing atau bahkan baru naik ke pesawat. Ruangan yang sempit dengan begitu banyak orang yang duduk, membuat serangan panik menjadi semakin kuat.

Lalu bagaimana cara agar serangan panik tidak terjadi selama penerbangan? Berikut tips yang dikutip Selasa (30/10/2018).

Cek sejak Dini ke Dokter

Sebelum memutuskan untuk pergi dengan penerbangan, sebaiknya konsultasi dengan dokter. Dokter biasanya akan memberikan obat antikecemasan yang bisa diminum saat hendak melakukan penerbangan. Obat antikecemasan ini akan memberikan efek cukup baik untuk mengurangi kecemasan yang terjadi.

Visualisasikan Naik Pesawat

Cara ini juga cukup ampuh untuk membuat perjalanan naik moda transportasi udara tidak begitu menakutkan. Seminggu sebelum melakukan perjalanan dengan pesawat.

Sisihkan waktu setiap hari untuk melakukan strategi ini. Mulailah dengan masuk ke posisi yang nyaman dan tutup mata Anda.

Gunakan imajinasi untuk melihat diri Anda pergi ke bandara. Bayangkan memasuki pesawat, merasa tenang, dan santai saat penerbangan. Tarik nafas dalam-dalam dan bayangkan Anda sedang naik pesawat. Tak perlu memakai kursi pesawat atau berada di kondisi seperti pesawat. Cukup diruang tamu atau di kamar.

Lakukan Teknik Relaksasi

Teknik relaksasi akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih baik. Otot-otot yang semula tegang ketika membayangkan naik pesawat, akan lebih cepat kendur. Dengan tubuh yang rileks, asupan oksigen ke otak juga bakal meningkat, sehingga badan akan lebih santai. Strategi ini dapat membantu Anda melepaskan kecemasan dan tetap lebih tenang selama penerbangan berikutnya.

Mencoba Mengalihkan Pikiran

Mengalihkan pikiran bisa dengan membaca buku atau lewat stategi lainnya. Membawa hal-hal yang disukai saat akan terbang membuat serangan cemas berkurang. Dengan strategi ini, pikiran akan disibukkan dengan hal-hal yang menyenangkan sehingga bisa menikmati penerbangan. (rus)

Bagikan Sekarang

Komentar Anda

Artikel Terkait