Hore! Kabupaten Bekasi Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik

Hore! Kabupaten Bekasi Raih Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik

DPMPTSP Kabupaten Bekasi.


CIKARANG PUSAT, bekasipedia.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam kategori pelayanan publik terbaik. Penghargaan diberikan berdasarkan hasil evaluasi pelayanan publik yang dilakukan Kemenpan RB selama 2018.

Secara keseluruhan, evaluasi dilakukan kepada 208 kabupaten/kota, 34 provinsi serta 201 kepolisian resor dan 57 kementerian/lembaga. Bagi kabupaten/kota, evaluasi pelayanan publik diterapkan pada tiga organisasi perangkat daerah yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa mengatakan, evaluasi tersebut merupakan amanat dari Undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Peraturan Menteri Pan RB nomor 17 tahun 2017. Tujuan dari evaluasi tersebut itu melihat sejauh mana implementasi kebijakan terkait pelayanan.

“Kami ingin yang mendapat nilai baik agar memotivasi dan menularkan ke daerah lain dalam rangka akselerasi kualitas pelayanan publik. Namun tak hanya evaluasi saja, tapi juga bimbingan teknis untuk memotivasi penyelenggara pelayanan publik,” kata dia, seperti dilansir Kamis (29/11/2018).

Diah mengatakan, indikator evaluasi ini didapat dari hasil persilangan antara prinsip dan aspek pelayanan publik. Prinsip terdiri atas keadilan, partisipasi, akuntabilitas, transparansi, berdaya guna dan aksesibilitas.

Sedangkan aspek yang menjadi indikator yakni kebijakan pelayanan, profesionalisme sumber daya manusia, sarana prasarana, konsultasi dan pengaduan, inovasi dan sistem informasi pelaporan peserta (SIPP).

Dari hasil evaluasi, kata Diah, terdapat beberapa hal yang perlu diperbaiki dalam hal pelayanan publik, di antaranya pelibatan masyarakat dalam perumusan kebijakan khususnya penyusunan standar pelayanan.

“Kemudian pelaksanaan survei kepuasan masyarakat dan tindak lanjut hasil survey kepuasan masyarakat. Pemberian penghargaan kepada para pegawai dalam rangka mengapresiasi kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan. Lalu, penyediaan sarana dan prasarana berkebutuhan khusus pada unit layanan,” kata dia.

Dari hasil evaluasi tersebut, RSUD Cibitung Kabupaten Bekasi mendapatkan nilai sangat baik (A-) kemudian Disdukcapil Kabupaten Bekasi dan DPMPTSP Kabupaten Bekasi masing-masing memperoleh nilai baik (B). Bagi dua OPD terakhir nilai tersebut meningkat setelah tahun 2017 lalu mendapat nilai baik dengan catatan (B-).

“Alhamdulillah dengan kondisi yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Bekasi saat ini, kami terus berjuang serta bekerja untuk mengedepankan dan optimalisasi dalam pemenuhan pelayanan publik kepada masyarakat,” kata Pelaksana Tugas Bupati Eka Supria Atmaja.

Penghargaan yang diberikan ini menjadi prestasi tersendiri bagi Kabupaten Bekasi yang sebelumnya sempat diguncang persoalan hukum yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi. Maka dari itu, Eka menegaskan, penghargaan ini merupakan pembuktian dari komitmen Pemkab Bekasi untuk melakukan perubahan.

“Sesuai dengan semangat kami Bekasi Baru Bekasi Bersih, ini menambah semangat kami melakukan perbaikan. Kami berharap tujuan pelaksanaan evaluasi penilaian pelayanan publik ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kinerja  seluruh perangkat daerah penyelenggara pelayanan publik,” kata dia.

“Tidak hanya sebatas pada penyelenggara pelayanan publik yang menjadi role model saja, tetapi capaian hasil yang baik ini bisa menjadi barometer percontohan bagi perangkat daerah lainnya sehingga meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di Pemkab Bekasi secara menyeluruh,” kata dia. (rus/pir)

Bagikan Sekarang

Komentar Anda

Artikel Terkait