Dugaan Kasus Pidana Pemilu, 25 Caleg Nasdem Kota Bekasi Diperiksa Bawaslu

Dugaan Kasus Pidana Pemilu, 25 Caleg Nasdem Kota Bekasi Diperiksa Bawaslu

Ilustrasi.


BEKASI SELATAN, bekasipedia.com – Sebanyak 25 calon anggota legislatif (Caleg) Kota Bekasi dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) diperiksa Bawaslu Kota Bekasi atas kasus dugaan pelanggaran pidana pemilu, kampanye di media massa yang dilakukan di luar jadwal, pada Rabu (28/11/2018) di Kantor Bawaslu Kota Bekasi.

Dalam proses pemeriksaan, Komisioner Bawaslu Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Ali Mahyail mengungkapkan, dari semua Caleg yang diperiksa memberi keterangan yang sama.

“Dari 15 pertanyaan yang kita ajukan, semua Caleg itu memberikan jawaban yang sama. Mereka mengaku tidak tahu menahu soal pemasangan foto mereka di salah satu media cetak Bekasi,” kata Ali kepada awak media, Rabu (28/11/2018).

Kasus ini sendiri masih dalam proses pengkajian tim Sentra Gakkumdu Kota Bekasi, yang memiliki kewenangan atas kasus pidana pemilu.

“Hasil pemeriksaannya nanti dikaji oleh tim Sentra Gakkumdu. Bagaimana keputusannya kita lihat nanti, apakah memenuhi unsur pidana pemilu atau tidak. Kalau memenuhi maka berlajut ke tahap penyidikan,” terang Muhammad Iqbal Alam Islami, Komisioner Bawaslu Divisi Hukum dan Data Informasi Bawaslu Kota Bekasi.

Perlu diketahui, bahwa kasus pidana pemilu, kampanye di media massa telah diatur di dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 276 ayat 2. Dengan ketentuan pidana pada pasal 492, ancamannya 1 tahun penjara dan denda maksimal Rp 12 juta. (rus)

Bagikan Sekarang

Komentar Anda

Artikel Terkait