Diabetes, Penyakit yang Banyak Diderita Masyarakat Kota Bekasi

Diabetes, Penyakit yang Banyak Diderita Masyarakat Kota Bekasi

ilustrasi cek darah untuk mengetahui kadar gula darah.


BEKASI SELATAN, bekasipedia.com - Penyakit diabetes melitus dan komplikasi saraf mendominasi 40 hingga 60% pasien yang ada di RSUD Kota Bekasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Keperawatan RSUD Kota Bekasi, Sudirman. Sudriman juga menjelaskan diabetes melitus sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh kadar gula darah tinggi.

Diabetes juga dapat dianggap sebagai penyakit yang disebabkan oleh kelainan reaksi kimia. Penderita diabetes juga bisa disebabkan karena faktor genetik atau pola hidup tidak sehat.

“Karena memiliki keluarga yang juga menderita penyakit diabetes maka dari memiliki kemungkinan besar untuk menderita penyakit diabetes,” ujar Sudirman seperti dilansir Senin (3/12/2018).

Selain itu, faktor berat badan (obesitas) juga bisa mempengaruhi kesehatan, yang bisa menjadi salah satu penyebab diabetes. Sudirman juga menerangkan bahwa umumnya pasien yang menderita diabetes mellitus memiliki beberapa gejala.

Diantaranya haus yang berlebihan (polidipsia), sering buang air kecil dengan volume banyak, merasakan kelaparan yang luar biasa (polifagi) dan lainnya. Oleh karena itu, dia meminta agar masyarakat mengenali gejalanya dan langsung periksakan diri ke dokter.

"Jika mengalami gejala tersebut, langsung periksa ke puskesmas sehingga bisa segera ditangani dokter," sarannya. (rus)

Bagikan Sekarang

Komentar Anda

Artikel Terkait