2019, Pelayanan di Kabupaten Bekasi Pakai Teken Digital

2019, Pelayanan di Kabupaten Bekasi Pakai Teken Digital

Tanda Tangan Digital.


CIKARANG PUSAT, bekasipedia.com – Guna terjaminnya keaslian dan pemalsuan, mulai tahun depan pelayanan publik di Kabupaten Bekasi akan gunakan sertifikat elektronik yang penerapannya menggunakan aplikasi tanda tangan digital.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasi Persandian pada Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik Kabupaten Bekasi, Sutrisna, usai sosialisasi sertifikat elektronik di Cikarang Selatan, seperti dilansir Rabu (28/11/2018)

Sutrisna mengatakan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Bekasi khususnya di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bekasi yang memiliki pelayanan diharuskan membuat sertifikat elektronik.

“Selain untuk tanda tangan elektronik, sertifikat ini juga bisa memproteksi e-mail, proteksi dokumen dan secure socket layer,” ujar Sutrisna

Penerapan tanda tangan digital ini rencananya bakal dilakukan mulai 2019 yang penerapannya akan dilakukan bertahap. Dan menurut Sutrisna kemungkinan akan diterapkan terlebih dahulu di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bekasi.

Penggunaan sertifikat elektronik seperti untuk tanda tangan digital, kata Sutrisna, banyak keuntungannya. Karena pejabat yang memberikan tanda tangan bisa dilakukan di mana saja menggunakan smart phone.

Untuk menuju Bekasi menjadi menuju Smart City Pemanfaatan sertifikat elektronik ini bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara. Saat ini proses menuju digitalisasi tanda tangan sedang berjalan. Dan telah diterapkan di sekitar 60 daerah di Indonesia.

“Iya mungkin bertahap. Tapi sepertinya yang pertama kali akan menerapkan ini DPMPTSP. Karena itu kan dinas pelayanan, atau juga mungkin Disdukcapil,” katanya. (rus)

Bagikan Sekarang

Komentar Anda

Artikel Terkait