11 Tips Menulis Perjanjian Pernikahan Anda Sendiri

11 Tips Menulis Perjanjian Pernikahan Anda Sendiri

Perjanjian Pernikahan.


BEKASI SELATAN, bekasipedia.com - Membuat janji pernikahan bisa dikatakan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, dimana perasaan dan emosi Anda tuangkan dalam sebuah tulisan dan akan Anda ucapkan di depan pasangan, keluarga, dan para tamu undangan.

Janji pernikahan bukan hanya sekedar kata-kata yang Anda akan ucapkan namun juga bagaimana komitmen Anda dan pasangan dalam menjalani hubungan pernikahan, dan perlu diingat, janji ini akan Anda ucapkan di hadapan Tuhan.

Untuk membuat janji suci pernikahan sendiri, perlu diperhatikan beberapa hal seperti berikut ini yang dilansir dari koranWedding.com, (bekasipedia group-red), Rabu (24/10/2018):

1.Get Clearance.
Pertama-tama, pastikan dahulu apakah pada upacara pernikahan Anda boleh menggunakan janji pernikahan kreasi Anda sendiri atau mengikuti yang telah ditetapkan oleh pihak gereja. Sayang bukan jika Anda sudah repot-repot membuat janji pernikahan sendiri, tetapi ternyata tidak dibacakan?

2. Start Early.
Selanjutnya, jangan membuat janji pernikahan pada saat sudah dekat dengan hari pernikahan Anda. Mulailah berkreasi paling tidak satu bulan sebelum hari pernikahan Anda digelar. Sebab jika Anda membuatnya dengan terburu-buru, janji pernikahan bisa jadi tidak mengekspresikan perasaan Anda dengan sempurna. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba sendiri membacakan janji tersebut.

3. Look To Tradition.
Untuk mempermudah Anda dalam menulis janji pernikahan, Anda bisa mencari inspirasi dari tradisi yang berkembang pada suku atau adat istiadat Anda yang mengharuskan Anda mencantumkan dalam janji pernikahan. Bisa juga anda melihat contoh janji-janji pernikahan dari agama yang Anda anut. Anda dapat mencontoh janji pernikahan yang telah ada, memodifikasinya, atau bahkan membuat janji pernikahan baru yang sesuai dengan kisah cinta Anda.

4. Set The Ton.
Sebelum Anda mulai menulis janji pernikahan, tentukan dahulu tema janji pernikahan seperti apa yang Anda inginkan. Apakah serius? Apakah ada unsur humornya? Apakah yang menyentuh hati? Tema apapun yang Anda pilih, jangan lupakan keseriusan dari janji yang Anda buat. Seperti contoh Anda bisa mengatakan “saya berjanji akan mencintai, menghormati dan menemani kamu jika menonton acara bola kesukaanmu”

5. Figure Out The Logistic.
Hal yang harus Anda lakukan adalah menyelaraskan janji pernikahan Anda dengan milik pasangan Anda. Apakah Anda dan pasangan akan membuat janji pernikahan sendiri-sendiri? Atau Anda mungkin akan membuat janji pernikahan bersama yang akan dibacakan bersama saat upacara pernikahan? Jika iya, coba rubah beberapa kalimat yang membuat pasangan Anda terkejut dengan kata-kata yang Anda tulis.

6. Make A Vow Date.
Untuk memudahkan Anda dalam menulis isi dari janji pernikahan Anda, Anda bisa mulai dari menjawab pertanyan berikut. Apa yang Anda harapkan untuk pernikahan Anda? Mengapa Anda menikahi suami Anda? Apa saja kesulitan yang pernah menerpa hubungan Anda? Apa yang membuat hubungan Anda istimewa? Apa yang ingin Anda capai bersama suami?

7. Schedule Some Alone Time.
Anda pasti membutuhkan waktu untuk berpikir sendiri serta untuk menjernihkan pikiran. Sembari menyendiri, Anda bisa sambil menjawab pertanyaan seperti apa yang paling membuat Anda jatuh cinta terhadap pasangan Anda? Apa yang paling membuat Anda rindu padanya saat dia jauh? Bagaimana hidup Anda setelah bersamanya? Dengan seperti Anda bisa terbantu untuk menuliskan janji pernikahan Anda.

8. Steal Ideas.
Jika Anda sedang bingung serta tidak ada ide untuk menulis janji pernikahan, Anda bisa mengambil ide dari janji pernikahan yang telah ada, puisi, lagu, atau bahkan film yang memiliki kata-kata yang menjadi kesukaan Anda untuk dimasukkan kedalam janji pernikahan.

9. Create An Outline.
Membuat outline untuk janji pernikahan juga dapat Anda lakukan untuk mempermudah agar tulisan Anda lebih terarah dan ide-ide penting Anda tidak hilang begitu saja. Selain itu, membuat outline juga membantu Anda untuk menyusun janji pernikahan yang terstruktur rapi.

10 . Remember Your Audience.
Jangan membuat janji pernikahan yang membuat tamu-tamu Anda bingung untuk mendengarkannya, cobalah untuk mengeluarkan suara yang lebih jelas dan tidak menggunakan kata-kata yang membuat para tamu kebingungan dengan janji yang Anda buat.

11. Time It Right.
Dalam membuat Janji pernikahan gunakanlah kata-kata yang singkat padat dan jelas. Jangan membaca janji pernikahan Anda terlalu lama, pertama Anda membuang waktu yang Anda sehingga para tamu dibuat bosan. Buatlah poin-poin penting yang Anda bicarakan kepada pasangan. (rus)

Bagikan Sekarang

Komentar Anda

Artikel Terkait