Daftar Makanan Khas Bekasi yang Wajib Dicobain Loh…

oleh -245 views
Gabus Pucung, makanan khas Bekasi. (ist)

BEKASI SELATAN, BEKASIPEDIA.com – Ada banyak alasan untuk mampir ke Bekasi. Meski banyak orang di luar sana yang nge-joke bahwa Bekasi bukan termasuk dari planet Bumi, hal itu justru membuat Kota Bekasi menjadi semakin populer. Ya nggak perlu baper, kan namanya juga bercanda kan. Hehehe.

Tapi beneran nih, kalau kamu tahu, ada banyak hal yang menyenangkan kok tentang Bekasi. Salah satunya adalah kulinernya. Belum pernah denger kan, oleh-oleh dan makanan khas Bekasi? Kapan lagi bisa nyicipin makanan khas planet lain, ye kan.

Kalau kamu nggak percaya, berarti kamu belum tahu. Nih makanya baca biar tahu.

1. Sayur Gabus Pucung, Makanan Khas Bekasi ala Betawi.
Dalam kuliner Betawi, sayur gabus pucung adalah top menu-nya. Yaa, kalau di Rumah Makan Padang, sayur gabus pucung ini ibarat rendangnya gitu. Spesial banget deh pokoknya!

Bahan utama dari sayur ini adalah ikan gabus goreng kemudian diramu dengan rempah-rempah khusus yang di dalamnya juga termasuk kluwek. Bahan inilah yang membuat kuahnya menjadi hitam seperti kuah rawon.

Usut punya usut, kuah rawon yang hitam itu pada awalnya terinspirasi dari makanan khas Bekasi yang satu ini loh.

Rekomendasi tempat makan di Bekasi yang menjual sayur gabus pucung di antaranya Rumah Makan Udin Kombo yang terletak di ujung Harapan Indah. Di situ spesialnya masakan Betawi. Kalo udah nyobain sayur gabus pucung-nya, dijamin ketagihan deh.

Rasanya gurih, gurih, nyoy!

Ada satu lagi tempat yang juga populer dengan menu gabus pucung-nya, namanya Pondok Gabus Lukman. Lokasinya di Jalan Jenderal Sudirman, di samping kompleks GOR Bekasi.

Kalau dari arah Kranji menuju Stasiun Bekasi, lokasinya ada di sebelah kiri jalan sebelum flyover Summarecon. Cobain gih!

2. Bandeng Rorod, Oleh-oleh Wajib dari Bekasi.
Sepertinya Bekasi boleh bangga karena kini memiliki satu ikon yang bisa dijadikan oleh-oleh khas. Kalau Jogja punya Bakpia, kalau Semarang punya lumpia, maka Bekasi punya bandeng rorod.

Berbeda dengan bandeng presto yang memiliki duri lunak, bandeng rorod adalah bandeng tanpa duri. Dengan olahan yang cermat dan racikan bumbu khusus, semakin membuat makanan khas Bekasi ini terasa lebih nikmat.

Kalau kamu ingin belanja langsung ke produsennya, langsung saja menuju ke Jalan Maluku Raya Blok C1 No. 5 Perumnas 3 Bekasi Timur, Aren Jaya, Bekasi Timur. Jangan lupa bawakan sebagai oleh-oleh untuk orang-orang terdekat, ya.

3. Kue Rangi, Jajanan Masa Kecil yang Terlupakan.
Masyarakat asli Bekasi adalah masyarakat urban Betawi dan Sunda. Maka tak heran jika makanan khas Bekasi kebanyakan juga adalah makanan ala Betawi. Begitu juga dengan kue rangi. Kue kelapa nan lezat khas Betawi ini sudah makin sulit ditemukan, bahkan di Bekasi sendiri.

Kue rangi adalah kue yang terbuat dari parutan kelapa dan tepung kanji, kemudian dicetak di dalam cetakan khusus (seperti cetakan kue pukis namun lubangnya lebih dangkal) dan kemudian dibakar, setelah itu dibaluri saus gula merah yang lembut di mulut. Suwer enak banget.

4. Bir Pletok, Bir Tapi Tidak Memabukkan.
Meski namanya bir pletok, minuman yang satu ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan alkohol loh, melainkan terbuat dari rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, kapulaga, cengkeh, kayu secang, dll.

Karena itu, bir pletok juga memiliki khasiat yang sangat banyak layaknya jamu.

Bir pletok berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit, seperti masuk angin, badan pegal-pegal, memperlancar peredaran darah, menghangatkan badan, dan lain-lain.

Konon, asal kata “bir” pada nama bir pletok bukanlah beer, melainkan bi’r (bi’run) yang artinya sumur atau sumber air dalam bahasa Arab.

Orang zaman dulu menyimpannya di dalam selongsong bambu dan diberi es batu di dalamnya. Karena tergoyang-goyang, es batu di dalam selongsong bambu tersebut berbenturan dan menghasilkan bunyi “pletok!” Jadi deh bir pletok..

5. Dodol Betawi yang Legendaris.
Kalau selama ini kota yang terkenal dengan dodol-nya adalah Garut, nih kamu harus nyobain dodol khas Betawi yang ada di Bekasi. Dodol Betawi adalah makanan yang bercita rasa tinggi, sebab tak sembarang orang bisa membuatnya.

Dibutuhkan keahlian khusus dan kesabaran ekstra tinggi, mengingat pembuatan dodol ini memakan waktu yang sangat lama.

Dodol Betawi adalah salah satu makanan khas Bekasi yang cocok dijadikan oleh-oleh maupun hidangan saat perayaan hari besar seperti Idul Fitri.

6. Kue Kembang Goyang, Tarik Mang!
Ada lagi nih makanan khas Bekasi yang layak dijadikan oleh-oleh. Namanya kue kembang goyang. Kue krispi ala Betawi ini memang cemilan kesukaan semua kalangan, mulai dari yang muda hingga tua. Meski teksturnya dari luar terlihat keras, tetapi sebenarnya tidak kok.

Untuk membuat kue kembang goyang ini diperlukan cetakan khusus yang digunakan untuk mencetak bentuk bunga (kembang) sebelum kue tersebut masuk ke dalam wajan berisi minyak goreng.

Nah, pada saat proses menggoreng tersebut harus digoyang-goyang, itulah asal usul kenapa namanya kue kembang goyang.