Cegah Pohon Tumbang, Tri Adhianto Minta BPBD Kota Bekasi Lakukan Penyisiran

oleh -136 views

BEKASI SELATAN, bekasipedia.com – Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto mengakui kekurangan petugas untuk penanganan pohon tua mencegah terjadinya pohon tumbang. Banyak pohon tumbang pada Minggu (10/3/2019) lalu sehingga mengakibatkan kemacetan di sejumlah titik.

“Saya berharap kecepatan para pelaksana lebih optimal, karena perlu tambahan jumlah personel. Kita hanya punya 2 tim saat datang ke 6 lokasi. Itu yang buat keterlambatan. 1 tim sekitar 5 orang,” ujar Tri seperti ditukil Selasa (12/3/2019).

Keterbatasan jumlah personel membuat penanganan pohon tumbang tidak maksimal. Tri meminta BPBD Kota Bekasi mengevaluasi dan melakukan pemangkasan pohon yang sudah tua. “Saya minta kepada dinas yang menangani itu untuk lebih intens dievaluasi (pohon) yang sudah besar, kemudian rimbun, dan berpotensi sudah tua. Mudah-mudahan bisa dipangkas. Tapi tidak hanya masalah pohon, kita khawatir angin cukup tinggi, entah itu jembatan atau reklame,” ujar Tri.

Petugas diminta rutin menyisir ke sejumlah titik yang rawan pohon tumbang.

“Saya berharap dengan kondisi evaluasi kemarin, tentunya OPD (organisasi perangkat daerah) terus bergerak untuk menyisir, mana-mana yang berpotensi terjadinya kondisi di samping membahayakan masyarakat tapi juga mengganggu lalu lintas,” imbuh Tri.

Menurut data dari BPBD Kota Bekasi, 15 pohon tumbang di sejumlah titik di Bekasi, Minggu (10/3/2019) siang. Hal tersebut dikarenakan hujan dan angin kencang.

Terdapat 8 pohon tumbang dan papan petunjuk arah yang terhenpas di Jalan Agus Salim, Kecamatan Bekasi Timur, 4 pohon roboh di Jalan Raya Underpass, Kecamatan Bekasi Timur. Selain itu, sebuah pohon tumbang Jalan Cempaka 4, Perum Bekasi Jaya Indah, Bekasi Timur dan 2 pohon ambruk di Jalan Perjuangan, Bekasi Utara.
(*)