Busyet! Kali CBL Dipenuhi Tumpukan Sampah Sepanjang 4 Kilometer

oleh -157 views
Jutaan kubik sampah menggunung di Tempat Pembuangan Sampah ilegal di bantaran Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL), Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. (ist)

CIBITUNG, BEKASIPEDIA.com – Busyet dah! Jutaan kubik sampah menggunung di Tempat Pembuangan Sampah ilegal di bantaran Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL), Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Tumpukan sampah itu terjadi sepanjang 4 kilometer tampa ada penanganan lanjut dari pemerintah daerah.

“Bahkan baunya saja sudah enggak karuan, karena kebanyakan sampah yang ada disini adalah sampah rumah tangga,” kata Rahmat (33), salah satu warga sekitar pada Jumat (5/2/2021).

Pria asli warga Cibitung itu mengaku, tumpukan sampah itu sudah bertahun-tahun. Tapi pemerintah daerah menutup mata atas persoalan ini. “Seperti tidak ada pemerintah di sini, karena memang didiamkan saja sampah itu menumpuk,” katanya lagi.

Seluruh sampah itu menggunung kurang lebih sepanjang 4 kilometer di atas bibir Kali CBL. Akibatnya, warga kerap tercium aroma bau tak sedap, setiap kali hujan datang mengguyur sampah tersebut. “Panjang tumpukan sampah sih kurang lebih 4 kilometer mah ada,” jelasnya.

Tumpukan sampah ini pun sudah sering ikut mengalir ke arus, akibat guyuran hujan. Itu sebabnya, tak sedikit laut sudah banyak yang dipenuhi sampah.

Sementara itu tokoh masyarakat, Drahim Sada mengaku, tumpukan sampah ini acap kali sering terbawa arus akibat aliran kali. Arusnya menuju Pantai Muara Bungin. “Sampah ini kerap membanjiri laut karena sumbernya dari sini terbawa aliran kali,” katanya. (tahar)