Busyet! Ada Tumpukan Sampah di Pinggir Tol JORR Bekasi

oleh -92 views

BEKASI BARAT, BEKASIPEDIA.com – Tumpukan sampah di pinggir Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), tepatnya di pinggir gerbang Kalimalang 1, Kota Bekasi diduga merupakan tempat pembuangan sampah (TPS) liar.

Berdasarkan pantauan Minggu (24/1/2021), lokasi tumpukan sampah berada di area lahan dekat pemukiman warga Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat.

Tumpukan sampah yang didominasi limbah domestik ini diperkirakan sudah sejak lama, sebab, terdapat pepohonan yang menyelimuti permukanaannya.

Ketua RT05 RW06 bernama Tarwan mengatakan, pihaknya mengeluhkan adanya tumpukan sampah di dekat pemukimannya yang disinyalir merupakan TPS liar. “Itu berasal dari pemukiman, tapi bukan dari wilayah kita, kebanyakan dari Bintara, Kampung Dua, itu udah (TPS) liar meresahkanlah,” kata Tarwan.

Dia memastikan, warga di lingkungan tempat tinggalnya membuang sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumur Batu yang dikelola pemerintah.

Adapun warga yang membuang sampah di TPS liar diduga tidak mau membayar retribusi resmi ke pemerintah terkait pengelola sampah. “Kalau kami buang sampah di kelola pemerintah, tiap bulan dipungut retribusi, itu orang luar yang buang ke situ,” terangnya.

Di area dekat TPS liar kata dia, berdiri bedeng-bedeng pemukiman kumuh. Di sana, terdapat ratusan pemulung yang hidup dan membangun peradaban.

“Iya tanah garapan nggak ada RT/RW-nya, pemukiman liar gitu, itu ada yang menampung sampah di sana,” paparnya.

Pemukiman kumuh itu sudah sejak lama, dari situ baru muncul TPS liar hingga warga sekitar yang terdampak langsung.

“Udah bukan bau lagi, karena emang udah banyak bgt udah liar ilegal tempat pembuangan sampahnya,” ucapnya.

Dia berharap, ada tindakan tegas dari pemerintah supaya bisa menertibkan TPS dan pemukiman liar yang ada di lokasi tersebut.

“Dibantu biar ada tindakan dari pemkot atau dinas terkait, kita sudah upayakan dulu sampai ke tingkat kecamatan tapi tetap aja mereka tampung sampah lagi,” tegasnya. (dra/ist)

“Dicari Wartawan Biro yang mampu berdikari sendiri dalam bidang media jurnalistik untuk wilayah Jawa Barat, jika Anda tertantang dan mampu silahkan hubungi WA: 0815-1086-8686.”