Bentrokan Ormas PBB vs Gempa di Bekasi, Gara-gara Debitur Tak Mampu Bayar Cicilan

oleh -300 views
Wakapolres Metro Bekasi Kota, AKBP Alfian Nurrizal. (ist)

BEKASI TIMUR, BEKASIPEDIA.com – Polisi mengungkap pemicu bentrokan antar-organisasi masyarakat (ormas) PBB vs Gempa di Narogong dan di depan Polres Metro Bekasi Kota pada Selasa (8/6/2021) malam. Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Alfian Nurrizal menjelaskan, persilihan kedua ormas itu dipicu karena adanya persoalan utang dari seorang debitur bernama Ika.

Menurut Alfian, Ika sebelumnya meminjam uang ke koperasi perorangan yang bernaung di bawah bendera ormas tersebut. “Saudari Ika (meminjam uang) kepada koperasi yang mungkin dimiliki perorangan atau dimiliki Pemuda Batak Bersatu (PBB),” kata Alfian kepada wartawan, Rabu (9/6/2021).

Alfian menjelaskan, Ika meminjam uang sebesar Rp 3,5 juta dengan perjanjian pembayaran secara diangsur dengan tenor tujuh kali cicilan. Adapun satu kali cicilan dibayarkan Ika sebesar Rp 700.000.

Setelah proses cicilan berjalan, kata Alfian, Ika merasakan kesulitan membayar angsuran dan melapor ke ormas lainnya. Akhirnya, bentrokan antar-ormas tak terhindarkan. “Dia (Ika) minta bantuan dari ormas. Itu kejadiannya di Bekasi Timur. Kemudian terjadi percekcokan serta dorong-dorongan. Terjadi gesekan di situ,” ucap Alfian.

Perselisihan kedua ormas itu tidak menemukan titik temu, bahkan sempat diwarnai penganiayaan. Salah satu ormas mencoba menyelesaikan persoalan di kantor Polisi. Namun, massa dari ormas lawan telah berkumpul di Polres Metro Bekasi Kota. Di sana kembali terjadi perselisihan antarkeduanya.

“Sebenarnya Gempa ke Polres ingin mediasi menyelesaiaan masalah. PBB ke Polres mau melapor kejadian tersebut (penganiayaan). Ternyata di situ (Polres) sudah berkumpul massa lebih besar terjadilah cekcok, salah paham,” kata Alfian seperti dilansir dari kompas,com.

Meski persoalan keduanya telah diselsaikan secara mediasi, namun Polres Bekasi Kota masih melakukan penyelidikan terkait adanya dugaan penganiayaan tersebut. (ist/robin)