Banjir Kabupaten Bekasi Bikin Jembatan Jalur Pantura Ambles, Akses Truk Terputus

oleh -106 views
Akibat intensitas hujan yang tinggi sejak dini hari, sejumlah titik wilayah di Kota Bekasi terkepung banjir. (ist)

KARAWANG, BEKASIPEDIA.com – Jembatan Jalan Raya Pacing di jalur pantura, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yang menjadi akses utama ke Kabupaten Karawang ambles akibat terendam banjir luapan Sungai Citarum.

Situasi ini membuat akses lalu lintas terputus untuk dilalui kendaraan besar hingga Selasa (23/2/2021).

Ahmad (19), warga setempat, mengatakan, amblesnya jembatan ini baru diketahui pagi tadi sekitar pukul 10.00 WIB.

“Karena kemarin kan jalan ketutup banjir di sini jadi pas surut kondisinya udah begini,” kata Ahmad pada Selasa (23/2/2021).

Jembatan ini ambles di kedua ruas jalan dengan kedalaman bervariasi, sehingga permukaan jalan bergelombang. Selain itu, terdapat retakan di beton penopang.

Saat ini, jembatan itu hanya dapat dilintasi oleh kendaraan-kendaraan kecil, yang didominasi oleh kendaraan warga setempat dan relawan yang hendak membantu penanggulangan banjir yang masih merendam banyak kecamatan di Kabupaten Bekasi. “Kemarin banjir tingginya di jalan ini kira-kira setengah meter, panjangnya kurang lebih satu kilo, enggak bisa lewat baru surutnya tadi pagi,” ucapnya.

Luapan Sungai Citarum mengakibatkan perumahan di sekitar sungai itu terendam banjir dengan kedalaman mencapai lebih kurang dua meter.

Hingga data diperbarui BPBD Kabupaten Bekasi hari ini, 13 kecamatan masih terendam banjir.

Banjir terparah melanda Kecamatan Pebayuran dengan kedalaman hingga 2,5 meter. Situasi ini juga disebabkan jebolnya tanggul Sungai Citarum di Pebayuran. (jek/ist)