Asrama Haji Bekasi Siap Jadi RS Darurat Covid-19

oleh -172 views
Asrama Haji Kota Bekasi. (ist)

BEKASI SELATAN, BEKASIPEDIA.com – Masih tingginya angka kenaikan Covid-19 di Tanah Air, sejumlah lokasi dijadikan tempat perawatan untuk pasien yang terpapar virus tersebut. Seperti baru-baru ini, Asrama Haji Bekasi di Jalan Kemakmuran, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat juga sudah siap akan menjadi Rumah Sakit Darurat Covid-19.

Asrama Haji tersebut dijadikan Rumah Sakit daurat Covid-19, setelah melengkapi fasilitas sesuai standar Kementerian Kesehatan maupun Satuan Tugas Covid-19 Provinsi Jawa Barat.

Dede Saeful Uyun yang merupakan Kepala Unit Pelaksanaan Tugas Asrama Haji Bekasi, mengatakan jika tidak ada kendala, maka akhir bulan ini sudah mulai bisa digunakan sebagai RSD Covid-19. “Kesiapan ini sebagaimana hasil tinjauan dari Satgas Provinsi Jawa Barat dan Kota Bekasi. Asrama Haji Bekasi siap dijadikan tempat penanganan penyebaran Covid-19, sebagai RSD,” ujarnya, seperti dilansir dari Antaranews.com pada Minggu (17/1/2021).

Dede Saeful Uyun mengatakan semua fasilitas sudah dipersiapkan dengan matang sesuai standar yang berlaku, sehingga sudah mulai bisa difungsikan pada akhir Januari 2021. Disebutkan bahwa, di Asrama Haji Bekasi itu rencananya ada dua blok untuk pasien Covid-19 yakni di Gedung Mina D dan E.

Gedung Mina D memiliki 30 kamar dengan kapasitas maksimal empat tidur per kamar, sedangkan Gedung Mina E memiliki 70 kamar dengan kapasitas yang sama yakni empat tempat tidur per kamar.

“Satu kamarnya untuk berapa pasien, kami belum bisa pastikan. Nanti ditentukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Dinas Kesehatan,” ujar Dede Saeful Uyun.

Selain itu, Asrama Haji Bekasi juga menyiapkan tempat istirahat bagi tenaga medis di Gedung Mina C serta Gedung Musdalifah yang lokasinya relatif berjauhan dengan tempat isolasi pasien Covid-19.

“Kapasitasnya ada 50 kamar dengan masing-masing kamar ada empat bed. Karena setiap kamar ada empat tempat tidur artinya bisa saja dipergunakan sampai sekitar 200 orang,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya kini masih melakukan sejumlah pekerjaan akhir, berupa perbaikan ringan dan peningkatan fasilitas agar nyaman ditempati.

“Ada beberapa kamar yang memang tidak layak, karena mengalami kerusakan. Nah, kemudian dari Pemprov meminta untuk segera diperbaiki sehingga pada saatnya kamar-kamar yang semula tidak bisa digunakan mudah-mudahan bisa digunakan,” tuturnya. (dra/ist)

“Buat Anda yang Ingin Bikin Acara dan Membutuhkan Sound System serta Band/Penyanyi, BEKASIPEDIA.com siap membantu Anda. Silahkan Hubungi WA: 0815-1086-8686”