Antisipasi Penanganan Kebakaran, Lapas Bulak Kapal Bekasi Gelar Simulasi Bersama Petugas Damkar Kota Bekasi

oleh -189 views

BEKASI TIMUR, BEKASIPEDIA.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bekasi bersama Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi melakukan pelatihan dan simulasi penanggulangan kebakaran di dalam area lapas tersebut, Rabu (15/9/2021) kemarin.

“Pada hari ini kami mengundang teman – teman dari Dinas kebakaran Kota Bekasi yang dimana kami meminta bantuan kepada mereka untuk melakukan identifikasi dan analisas atas kondisi dalam rangka pencegahan terjadinya kebakaran dari mulai sarana dan prasarana, pendukungnya apabila ada kejadian kebakaran di Lapas Kelas IIA Bekasi,” ucap Kepala Lapas Kelas IIA Bekasi Hensah kepada awak media di lokasi, Rabu (15/9/2021) siang.

Menurut dia, Lapas Kelas IIA ingin memberikan pelatihan dan sosialisasi kepada para petugas guna melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

“Tujuan dalam kegiatan itu tidak lain adalah melatih kesigapan petugas kami apabila terjadi kebakaran,” jelasnya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran Januk Suwardi menambahkan agenda ini merupakan bentuk antisipasi yang dilakukan oleh Lapas Kelas IIA Bekasi dalam menghadapi kejadian kebakaran.

“Jadi tujuannya bagai mana kita mencegah kebakaran, minimal aparatur yang ada di sini tahu dan mengerti apabila menghadapi peristiwa kebakaran, sekaligus memberikan pemahaman tentang antisipasi ketika api muncul agar segera ditangani dengan cepat,” ujarnya.

Dalam simulasi ini, petugas Damkar juga memberikan praktek mengenai cara menggunakan alat-alat pemadam kebakaran agar untuk petugas lapas turut memahami dan menguasai tentang alat-alat yang harus dipergunakan.

Ditinjau dari laman Sistem Database Pemasyarakatan (smslap.ditjenpas.go.id) kapasitas Lapas Bekasi sebanyak 470. Tapi, jumlah warga binaan di sana mencapai 1.831. Artinya overkapasitasnya mencapai 290 persen. (mira/obin/pede)