Abang & Mpok Mau Siap Menikah di 2021? Ini Dia 10 Tips Mempersiapkan Pernikahan

oleh -147 views
Ilustrasi. (ist)

BEKASIPEDIA.com – Anda sedang mempersiapkan hari pernikahan di tahun 2021? Ya untuk mempersiapkan hal tersbut memang bukan hal yang mudah. Terlebih lagi, pernikahan tak hanya tentang kamu dan calon pasanganmu saja, tapi juga melibatkan kedua keluarga. Nggak heran jika banyak calon pengantin yang stres saat mempersiapkan pernikahan.

Beberapa orang mungkin memilih menyerahkan persiapan hari bahagianya ini pada jasa wedding organizer. Namun, banyak juga yang ingin menyiapkan segalanya sendiri. Daripada bingung, BEKASIPEDIA.com mencoba merangkum 10 langkah persiapan pernikahan. Yuk simak, siapa tahu bisa buat referensi Abang dan Mpok di Bekasi ya.

1. Tetapkan Tanggal dan Hari Pernikahan.
Hal pertama yang harus Abang dan Mpok lakukan ialah menentukan hari pernikahan. Setelah pertemuan keluarga, biasanya kedua belah pihak akan membicarakan penentuan tanggal pernikahan. Inilah yang nantinya akan menjadi patokan kapan Abang dan Mpok mulai memesan beberapa keperluan, seperti tempat pernikahan, dekorasi, dokumentasi dan katering.

2. Tentukan Budjet Pernikahan.
Menggelar pesta pernikahan memang membutuhkan biaya yang nggak sedikit. Oleh sebab itu, buatlah kesepakatan berdua dalam menentukan berapa persen kamu dan pasangan berkontribusi untuk anggaran pernikahan ini. Yang paling penting, jangan pernah memaksakan keuangan kalian berdua demi membuat pernikahan yang mewah dan megah. Malah nanti bikin pusing kepala jika harus berhutang nanti. Selain itu, pastikan kamu mempersiapkan budget lebih untuk mengantisipasi hal-hal yang nggak terduga.

3. Pilih Konsep Pernikahan yang Diinginkan.
Setelah budget sudah disepakati, kini waktunya kamu dan pasangan menentukan konsep dan tema pernikahan yang kalian inginkan. Apakah kamu ingin konsep tradisional dengan adat, atau tema yang lebih internasional seperti garden party? Dengan mengetahui konsep besarnya, kamu akan lebih mudah memilih tempat, dekorasi, busana pernikahan, dan tema undangan.

4. Tentukan Jumlah Tamu Undangan.
Jumlah tamu undangan akan menentukan banyak hal, mulai dari katering hingga tempat pernikahan. Maka dari itu, kamu perlu menentukan sejak awal berapa tamu yang akan diundang dalam hari bahagia kalian. Kamu juga perlu merundingkan hal ini bersama kedua belah keluarga agar nggak ada undangan yang terlewat.

5. Segera Pesan Tempat (Gedung/Aula) Pernikahan.
Setelah mengetahui anggaran dan jumlah tamu undangan, kini saatnya kamu memilih tempat untuk resepsi pernikahan. Carilah tempat yang sesuai dengan konsep pernikahanmu, kapasitas tamu undangan, serta lokasi yang cukup strategis. Mencari tempat pernikahan yang cocok memang nggak mudah, maka dari itu sebaiknya kamu sudah mulai browsing sejak jauh-jauh hari.

6. Pilih Dekorasi yang Sesuai dengan Konsep Pernikahan.
Jika kamu sudah menentukan konsep awal, maka nggak sulit untuk memilih dekorasi seperti apa yang kamu inginkan. Ikutilah konsep dan tema yang sudah kamu pikirkan sejak awal. Misalnya, kamu ingin pernikahan dengan nuansa pink, maka pilihlah dekorasi dengan tema pink dan sentuhan yang senada sebagai pelengkap.

7. Pilih dan Pesan Katering.
Meski menyiapkan pernikahan butuh waktu yang cukup panjang, tapi kamu juga nggak boleh melupakan food tasting untuk menjamin kualitas dan kelayakan makanan. Biasanya, beberapa vendor tempat pernikahan juga menyediakan vendor rekanan untuk katering. Ini bisa memudahkan kamu untuk mempersiapkan pernikahan dalam waktu yang lebih singkat.

8. Tentukan Gaun Pengantin.
Salah satu hal yang juga penting dalam mempersiapkan pernikahan ialah gaun pengantin. Banyak pertimbangan dalam menentukan gaun pengantin, apakah sebaiknya menyewa, membeli, atau membuat sendiri sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Jika ingin yang lebih menekan budget, kamu bisa menyewanya saja. Namun, jika kamu ingin gaun pernikahan yang berbeda, maka kamu bisa membuatnya lewat tangan desainer.

9. Pesan Cinci Pernikahan.
Mencari cincin kawin bukanlah hal yang sulit saat ini. Ada banyak toko yang sudah menyediakan cincin kawin untuk pasangan tanpa dipesan dulu sebelumnya. Namun, jika kamu memiliki desain cincin kawin sendiri, maka segeralah datang ke toko perhiasan yang kamu inginkan dan pesan di sana.

10. Pilih Souvenir yang Diinginkan.
Untuk membuat hadiah yang berkesan untuk para tamu undangan, kamu bisa memilih souvenir yang didesain sendiri. Namun, membuat souvenir seperti ini butuh waktu yang cukup lama, mungkin sekitar 2 bulan lamanya. Jika kamu nggak memiliki waktu yang cukup, maka kamu bisa memilih membeli souvenir yang sudah disediakan di tokonya saja.

Nah, itulah 10 langkah persiapan pernikahan. Semoga hal ini bisa memudahkan Abang dan Mpok Sahabat BekasiPedia dalam menggelar sebuah pesta pernikahan, ya.

Jangan lupa untuk mengshare artikel ini agar bermanfaat bagi yang lainnya. (wik)

“Anda Ingin Menjahit JAS Pengantin Hubungi LAND’S TAILOR di Jl. Kalibaru Barat No.41, RT 04/RW 15, Kota Baru, Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jawa Barat. Telp/WA: 081287976713 (Bapak PJ. Sitorus)”