Rakernas IWO 2019 Bahas Masa Depan Wartawan Online di Era Industri 4.0

oleh -181 Dilihat
oleh

DEPOK, bekasipedia.com – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWO) selesai dilaksanakan dengan menghasilkan beberapa poin kesepakatan bersama, diantaranya adalah recana kerja jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota Iwo dalam menghadapai perubahan jaman di Era Industri 4.0.

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum IWO, Jodhi Yudhono berkaitan dengan masa depan Wartawan Online saat Rakernas di Shekinah Village, Depok-Jawa Barat pada Selasa (12/3/2019) kemarin.

“Rincian kesepakatan Rakernas IWO ini adalah pembenahan organisasi, mendaftar sebagai konstituen Dewan Pers dan mengadakan berbagai pelatihan kepada anggota IWO di seluruh Indonesia,” jelas Jodhi di hadapan ratusan anggota IWO yang sangat antusias mengikuti jalannya Rakernas.

Selain itu, lanjut Jodhi, menjelaskan ada beberapa rekomendasi yang berhasil disepakati bersama yakni mendorong revisi UU Pers No 40 tahun 1999. “Karena memang UU Pers No. 40 tahun 1999, sudah tidak relevan dan kemajuan dunia Pers saat ini sudah memasuki Pers digital,” jelas Ketua Umum Jodhy Yudono usai menutup Rakernas ke 1 IWO tahun 2019 di Shekinah Village Depok, Jawa Barat.

“Melalui Rakernas pertama ini kita kembali membuktikan, bahwa tanpa bersandar pada siapa pun kita mampu melaksanakan pekerjaan besar, sebagaimana saat kita menyelenggarakan Musyawarah Bersama (Mubes) pada 8 – 9 September 2017 di Jakarta,” ujarnya menambahkan.

Diharapkan Jodhi, seluruh anggota IWO akan tetap menjaga independensi kewartawanannya. Artinya tidak punya hutang budi kepada pihak mana pun yang akan mendikte sambil terus menjaga kemerdekaan pikiran dan tulisan kita sesuai dengan nurani demi kepentingan masyarakat.

Masa Depan Wartawan di Era Industri 4.0

Foto bersama peserta Rakernas Ikatan Wartawan Online (IWO) di Shekinah Village, Depok-Jawa Barat pada Selasa (12/3/2019) kemarin. (foto: tahar)

Wartawan online harus mampu membuka cakrawala berpikir dan dituntut untuk serba bisa membaca perkembangan zaman, “Mau tidak mau seorang wartawan harus kreatif dan pandai membaca zaman. Sebab wartawan tidak saja hanya mampu melakukan dua pekerjaan jurnalistik yakni hanya menulis dan memotret. Tapi juga pandai mengambil video lalu mengeditnya dan kemudian menyajikannya kepada publik,” pungkasnya.

Rakernas IWO yang dilaksanakan selama dua hari di Shekinah Village Kota Depok dihadiri oleh ratusan media online dari berbagai penjuru tanah air. Selain itu hadir Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang, Enterprener Muda dan Influencer, Edy Fajar, Presenter Megaswara TV, Monalisa, Sejumlah pengurus wilayah (PW) dan pengurus Daerah IWO dari seluruh Indonesia. (tahar)